Pseudo Review of Books: The Metamorphosis and Other Stories (Franz Kafka)

The Metamorphosis and Other Stories
Franz Kafka
Pengantar dan Catatan oleh Jason Baker
Terjemahan Bahasa Inggris oleh Donna Freed
Barnes & Noble Classics 2003
metamorph
Saya teringat sewaktu membaca koran Kompas beberapa waktu yang lalu, membahas rumah seorang sutradara wanita yang cukup terkenal di Indonesia. Sewaktu disebutkan nama anak-anaknya, saya merasa dia berusaha menjejalkan nama orang-orang yang menurutnya “besar” ke dalam rangkaian nama-nama tersebut. Motifnya bisa beraneka ragam, selain karena nama tersebut memang terdengar “keren” dan “sangar” mungkin terbersit keinginan agar anak-anak tersebut mempunyai kebesaran yang sama dengan orang-orang yang menjadi sumber inspirasi dari nama-nama tersebut.

Untuk alasan yang terakhir, saya tidak akan pernah menggunakan nama Kafka untuk nama anak saya, itupun jika saya cukup beruntung menemukan wanita yang mau menikah dengan saya dan mempunyai anak… kelak. Cukup banyak penulis lain yang tidak membuat langit terasa kelabu dengan isi kepalanya.

Masih banyak lagi hal yang tidak saya setujui seperti memaksakan pengenalan puisi melalui budaya pop (lasting appealnya berakhir saat si selebritis mempunyai hobi lain, atau film remaja tertentu sudah tidak tayang lagi), saya juga tidak setuju jika tulisan-tulisan pujangga dunia di bongkar pasang dan di “make over” dengan sampul-sampul “teen-lit”, saya tidak setuju jika keseriusan dideklarasikan sebagai hal yang telah mati, sama dengan ketidaksetujuan saya dengan jargon-jargon rock is dead dan sejenisnya. Jika seorang pembaca muda ingin mengenal dunia literatur, biarkan dia datang dan mencari sendiri, biarkan dia menemukan sendiri, berhadapan sendirian dengan si penulis, dan menemukan kenyataan bahwa, ini seringkali bukan masalah tren, bukan masalah popularitas, bukan masalah manisnya sampul, bukan masalah pemasaran, bukan masalah kebesaran, ini masalah pemikiran. Dan dalam sebuah pemikiran selalu ada ruang yang lebih terang daripada siang yang paling cerah dan lebih gelap daripada palung yang paling dalam.

Buku ini juga merupakan usaha peremajaan, kalau tidak mau dibilang penggalian kembali tambang emas yang sudah agak kering, kecuali untuk alasan keberlanjutan dari keberadaan suatu karya, tidak ada hal lain yang membuat saya senang pada buku ini kecuali pada ketulusan Jason Baker dan Donna Freed dalam membuat kompilasi ini. Penguasaan mereka tentang Kafka mungkin bukanlah yang paling sempurna, setidaknya mereka berkonsultasi dengan berbagai pihak dan memeriksa berbagai sumber, dan itu adalah modal yang baik agar pembaca dapat mempercayai integritas dari suatu buku, meskipun berupa kompilasi yang biasanya bermotif murni keuntungan. Buku ini menawarkan lebih, dia menawarkan lubang kecil untuk mengintip kehidupan Kafka.

Ada sepuluh cerita yang dikumpulkan dalam buku ini, sangat cukup bagi anda yang ingin mengenal tulisan-tulisan Kafka dan membawa pembicaraan anda pada tingkat yang lebih tinggi pada pertemuan-pertemuan sosial. Bintangnya tentunya adalah The Metamorphosis, populer saya rasa karena banyak yang meneliti tentang cerita ini dan mengkaitkannya kehidupan Kafka terutama terkait hubungan Kafka dengan Ayahnya. Cerita ini selalu menarik, siapapun yang menterjemahkannya (versi Inggris), karakter tersebut tidak pernah hilang. Tapi jangan lupakan permata-permata lain: A Message From the Emperor, pendek namun luas, dan In The Penal Colony yang menggelitik serta Josephine The Singer. Tidak berarti yang lainnya tidak menarik, sebaliknya sangat menarik, sebagian dari cerita itu memberikan sedikit bocoran bahwa Kafka adalah Kafka, tidak ada perubahan sampul, iklan, atau adaptasi nama yang bisa mengubah itu.

Aman Untuk Usia: Remaja dan Dewasa
Target Pembaca: Dewasa
Faktor Kesenangan Membaca Relatif: 7/10
Faktor Kepuasan Membaca Relatif: 9/10
Nilai Buku Relatif: 8/10
Skor Blackenedgreen Relatif: 8/10

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s