Pseudo Review of Books: A Disorderly Excursion: Notes of a Conservationist in the Asia-Pacific Region. (Robertson Collins)

A Disorderly Excursion: Notes of a conservationist in the Asia-Pacific region.
Robertson Collins 1991
Pepper Publications 2003
adisorderlyexcursion
Buku ini pertama kali terbit pada tahun 1991, di saat banyak orang memprediksikan tentang macan-macan Asia yang akan menjadi pusat perhatian dunia. Kita tahu apa yang terjadi kemudian.

Namun masa-masa itu sempat dikenang sebagai masa dimana pembangunan seakan-akan tidak terhenti, melawan, maka akan tertindas dan hilang. Hal ini memberi persepsi palsu tentang stabilitas. Pada masa-masa itu pula para pemimpin Asia menikmati masa-masa kejayaannya, dari Indonesia sampai Filipina, tidak perlu mengingat banyak nama.

Dan para pemimpin ini mempunyai ide-ide yang seringkali tidak masuk akal mengenai pembangunan dan perkembangan, ide-ide yang akan membuat makmur diri mereka sendiri dalam 10 sampai 20 tahun, dan meninggalkan bumi menjadi kering pada masa-masa setelahnya. Jangan salah, saat ini perkembangan serupa masih terjadi, namun lebih banyak masyarakat yang berani berteriak bahwa hal-hal tersebut adalah kesalahan tanpa harus masuk bui tanpa alasan yang jelas, tanpa perlawanan.

Apakah arti pembangunan? Apakah yang hendaknya dicapai oleh suatu bangsa? Apakah pihak yang berkuasa mempunyai hak untuk menentukan definisi-definisi tersebut bagi pihak yang “dikuasainya”? Dimanakah batas-batas dari segala hal yang disebut kemajuan dan darimana pula sebuah proses kehancuran bermula.

Dalam salah satu bab dari buku ini Collins bercerita tentan hilangnya suatu generasi pembuat kapal karena sebuah bentukan asumsi mengenai pendidikan yang cukup menyedihkan, Collins tidak menunjuk siapa yang salah disini, dia hanya mengajak merenung, walaupun terkadang dia bisa menjadi agak keras dan berani.

Buku ini berisi tentang catatan perjalanan Robertson Collins, seorang konservasionis. Salah jika ada yang mengira buku ini hanya bercerita tentang budaya, museum, wisata dan ulasan makanan. Collins bercerita mengenai manusia, mengenai kebaikan dan keburukannya, dan usulannya mengenai perbaikan, dan dia tidak pernah memaksa anda untuk setuju, dia hanya mengajak berpikir, dan terkadang tertawa.

Aman Untuk Usia: Semua Umur
Target Pembaca: Remaja dan Dewasa
Faktor Kesenangan Membaca Relatif: 8/10
Faktor Kepuasan Membaca Relatif: 10/10
Nilai Buku Relatif: 9/10
Skor Blackenedgreen Relatif: 9/10

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s