Internet Sumber Informasi Paling Populer.

Reuters
17 Juni 2009
(terjemahan)

Sejauh ini internet adalah sumber informasi paling populer dan pilihan utama untuk berita sebelum televisi, koran dan radio, menurut sebuah poling baru-baru ini di Amerika Serikat.

Namun hanya sebagian kecil orang dewasa di Amerika Serikat yang menganggap situs sosial seperti Facebook dan MySpace sebagai sumber berita yang baik, bahkan lebih sedikit yang memilih Twitter.

Lebih dari setengah orang yang merespon survey interaktif Zogby yang menyatakan bahwa mereka akan memilih Internet jika mereka diharuskan memilih hanya satu sumber berita, 21 persen untuk televisi, dan 10 persen baik untuk koran maupun radio.

Hanya 10 persen yang menganggap situs sosial sebagai sumber penting bagi berita, dan diluar hiruk pikuk media terkait Twitter hanya 10 persen yang menggunakannya sebagai sumber informasi.

Internet juga dipilih sebagai sumber berita yang paling terpercaya oleh lebih dari 40 persen orang dewasa, dibandingkan dengan 17 persen yang memilih televisi, 16 persen yang memilih koran dan 13 persen yang memilih radio.

Zogby menyatakan “Poling ini memperkuat pemikiran bahwa usaha yang dilakukan oleh penerbit-penerbit koran yang besar, televisi, dan radio untuk menggiring konsumen ke situs mereka masing-masing telah membuahkan hasil.”

Hampir separuh dari 3,030 orang dewasa yang terlibat dalam survey online tersebut menyampaikan bahwa situs koran nasional penting bagi mereka, diikuti dengan 43 persen yang memilih situs televisi.

Blog dianggap kurang penting dibandingkan situs dengan 28 persen yang menyatakan bahwa blog yang mempunyai pandangan politik yang sama dengan mereka adalah hal yang penting.

“Kenyataan bahwa situs kantor berita dianggap jauh lebih penting daripada blog – yang kebanyakan merupakan tempat penyimpanan opini tanpa reportase aktual – dapat dianggap sebagai dukungan bagi media secara keseluruhan,” tambah Zogby.

Ketika diminta untuk mengintip masa depan, sebanyak 82 persen mengtakan bahwa Internet akan menjadi sumber berita utama dalam waktu 5 tahun kedepan, dibandingkan 13 persen untuk televisi dan 0.5 persen yang memilih koran.

Menurut penelitian industri 84 persen orang Amerika memiliki akses ke Internet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s