Skip to content

Memperkenalkan Diri Dalam Bahasa Inggris Dengan Baik

September 4, 2009

Memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris dengan baik sesungguhnya sama saja dengan memperkenalkan diri dalam bahasa Indonesia dengan baik. Inti dan isi dari perkenalan itu sama: bagaimana orang lain atau lawan bicara anda mengenali anda, informasi apa yang harus anda sampaikan agar orang itu dapat mengetahui hal-hal tentang anda.

Ada beberapa hal yang mempengaruhi proses perkenalan ini:
1. Siapa lawan bicara anda? Manager rekruitmen pada sebuah perusahaan? Seorang yang kemungkinan secara kasual menjadi teman anda atau calon relasi? Atau pimpinan perusahaan?
2. Jika orang tersebut adalah orang asing, native speaker ataupun dari negara lain dimana bahasa Inggris merupakan bahasa kedua, maka pendekatannya akan sedikit berbeda.
3. Tertulis atau lisan?

Jika lisan, maka secara wajar proses perkenalan akan dimulai dengan jabatan tangan dan saling bertukar nama. Jika dia mengatakan “Hi, my name is Bill” anda bisa menjawab “Hi sir, my name is Adi”. Jika dia mengatakan “Greetings, my name is Bill” maka anda bisa menjawab “greetings sir” atau “nice to meet you sir” kemudian dilanjutkan dengan “my name is Adi”

Tergantung situasinya, anda tidak perlu merespon lebih lanjut, pada bangsa tertentu jika dia tidak bertanya mengenai sesuatu, maka dia tidak memerlukan informasi tersebut dari anda, kecendrungan ini bisa ditemui pada orang dari United Kingdom maupun Irlandia. Dalam situasi seperti ini anda boleh menanyakan bagaimana keadaanya, misal “how’s your day?” atau “how do you do?” dan dilanjutkan seperlunya. Jika berhadapan dengan orang Australia, ada kecendrungan anda boleh mengambil inisiatif untuk memperkenalkan diri anda. Ini semua tentunya bisa berlaku untuk wawancara kerja, jika pimpinan perusahan secara langsung mewawancarai anda.

Tapi bukan berarti anda menjadi pasif. Manfaatkan setiap pertanyaan dan jawab dengan informasi yang tepat dan perlu.

Perhatikan kalimat perintah/permintaan seperti ini “tell me about yourself”, kebanyakan dari orang Indonesia tidak siap dengan pertanyaan seperti ini, tapi inilah saatnya dimana anda dapat memperkenalkan diri anda secara efektif, dengan menanyakan pertanyaan ini orang tersebut sudah siap untuk menerima informasi mengenai anda. Jika ini adalah wawancara kerja, usahakan jawaban anda merupakan ringkasan yang tepat dari resume anda. Misal “well, my name is Adi, I am from Sempit street in the middle of Jakarta, I was graduated from Lulus Cepat University in September 2009, I’ve spent about four years there, it was quite long because I was actively involved in the student executive body, but it gave me the knowledge and experience consisted of: etc, etc. When I was in college, I worked part time in KFC for about 1 year, and was finally resigned to focus on my final tests… I am a hardworker and I have these skills…”

Perkenalan anda bisa dipotong dan ditengah anda akan dihadapkan dengan pertanyaan-pertanyaan lain. Fokus dan anda akan baik-baik saja. Pada wawancara kerja, sebagian pewawancara (native speaker) biasanya menguasai bahasa Indonesia, jadi biarpun anda tidak bisa menjawab dalam bahasa Inggris dengan sempurna, substansi dari apa yang anda katakan lebih penting.

Tapi secara instan, memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris biasanya mencakup hal-hal seperti ini: Kata-kata atau kalimat sapa yang sopan, “hi” lebih bersiat kasual, jangan digunakan pada situasi resmi, anda bisa memilih: “greetings” atau “good day to you sir/madam/miss” atau “good evening” tapi jangan “good night” kalimat ini lebih lazim dipergunakan pada saat perpisahan. “Greetings” aman untuk dipergunakan secara tulisan, saya sering mempergunakannya untuk e-mail resmi, sifatnya sopan dan menyatakan niat baik.

Kemudian lanjutkan dengan nama anda: “my name is Adi”, kemudian siapa anda, terkait status yang ada hubungannya dengan kenapa anda bertemu dengan dia saat itu “I am the applicant for the vacancy in your company” (saya adalah pelamar untuk lowongan di perusahaan anda) atau ” I am the one whom Mr. Bill told you about, unfortunately he is busy presently so he can’t pick you up himself” (saya adalah orang yang diceritakan oleh tuan Bill, sayangnya dia sibuk sekarang, jadi dia tidak bisa menjemput anda) atau “I am from AAA insurance, I am here to make a proposal to you concerning one of our product that might benefit you and your company” (saya dari perusahaan asuransi AAA, saya disini untuk memberikan proposal terkait salah satu produk kami yang dapat menguntungkan bagi anda dan perusahaan anda)

Jika ada yang ingin anda tanyakan, fire away!

About these ads
83 Komentar leave one →
  1. halim permalink
    Desember 4, 2009 1:15 am

    Tksh,sangat membantu sekali..

    • blackenedgreen permalink*
      Desember 6, 2009 11:47 am

      terimakasih, senang mengetahui tulisan ini membantu anda.

      • Nciew permalink
        Mei 17, 2010 12:04 pm

        ka kalau wawancara bahasa inggris untuk seleksi ke SMK tentang apa saja ya? tolong berikan contohnya ya kakak, jawaban kakak sangat ditunggu…..
        terimakasih

      • Mei 18, 2010 2:08 pm

        saya tidak begitu familiar dengan tes wawancara bahasa inggris untuk seleksi masuk SMK, mungkin tergantung pada jurusan yang adik pilih. Tapi pada umumnya tes bahasa inggris disesuaikan dengan asumsi tingkat penguasaan bahasa inggris pada jenjang pendidikan tertentu, jadi secara umum kemampuan bahasa inggris pada siswa sekolah menengah atas dianggap sama, demikian pula dengan kemampuan pada jenjang sekolah menengah pertama atau sarjana misalnya.

        jadi bentuk tesnya juga sama bagi masing-masing tingkatan.

        saran saya persiapkan saja hal-hal berikut:
        – bentuk-bentuk umum bahasa inggris perkenalan (hi… good morning… my name is… my age is… i like… my hobby is… i live in… dan sebangsanya)
        – dasar-dasar bahasa inggris yang adik perlajari di smp (lks dan contoh-contoh soal bisa dijadikan referensi yang baik)
        – dan pengetahuan dasar terkait dengan jurusan di SMK yang adik tuju, misalnya pariwisata atau akuntansi, maka adik harus membekali diri dengan kosakata yang terkait dengan pariwisata atau akuntansi, pelan-pelan saja disini, kamus dan internet bisa dijadikan alat bantu.
        – mau tidak mau, biasakan diri mendengarkan radio, menonton televisi atau film (tanpa membaca teks terjemahannya), mendengarkan musik berbahasa inggris, ini akan sangat membantu dalam proses mendengar dan memahami.
        – role playing, main peran, lebih baik jika ada teman, tapi bisa juga sendirian dengan mengandaikan bahwa adik sedang berada dalam suatu situasi wawancara bahasa inggris, sekali lagi lks bisa membantu disini.

        good luck.

      • Mei 30, 2013 9:46 am

        makasih kak.. akn aku usahakn

    • Rie permalink
      Maret 13, 2011 9:45 am

      kak, mau tanya dong, kalo menjadi pramugari ngomong bahasa inggris nya kaya gimana ya? tlg dong kak.. soalnya mw wwncra, tktny ntar salah kl dsuruh memperagai cara ngmg pas dipesawatnya sebelum berangkat..
      kira2 aja..

      mksh kak..

      • Maret 13, 2011 4:56 pm

        saya buat pointersnya aja yah?

        1. bahasa inggris dalam dunia penerbangan sangatlah penting, karena ia merupakan bahasa universal dan pada titik tertentu bisa menyelamatkan banyak nyawa.

        2. seorang wna dari negara berbahasa ibu bahasa inggris pernah bilang pada saya saat si pramugari membacakan pengumuman: “saya tidak mengerti sedikitpun apa yang dia katakan.” ini berbahaya.

        3. bahasa inggris si pramugari lebih kedengaran seperti bahasa inggris yang dihapalkan, kemudian menjadi rutinitas, kemudian kehilangan arti, diperparah dengan kecendrungan hampir semua pramugari di setiap penerbangan yang pernah saya alami untuk “mempercantik” bahasa inggris mereka sehingga kedengaran “inggris.” Ini berbahaya, kalau tidak mempunyai lidah yang memang terlatih untuk itu, lebih baik tidak usah.

        4. jika kamu suka menonton film luar, coba bandingkan film-film dari inggris raya (“lock, stock and two smoking barrels” bisa jadi referensi bahasa yang bagus) dengan film-film hollywood dengan bintang-bintang amerika latin.

        5. yang coba saya sampaikan pada poin nomor 4 adalah: bahkan bahasa inggris dari dalam inggris raya sendiri susah dimengerti diantara sesama mereka, sedangkan bahasa inggris para aktor amerika latin, dimana bahasa inggris bukanlah bahasa ibunya, dengan pengucapan yang “kesat” khas lidah mereka, secara universal lebih mudah dimengerti.

        6. WNA lebih mudah mengerti bahasa inggris khas lidah lokal ketimbang bahasa inggris yang dipermanis.

        7. hanya karena didalam pesawat tidak ada “bule” bukan berarti pengumuman dalam bahasa inggris bisa dilakukan sekenanya (para pramugari sering melakukan ini) bagaimana kalau didalam pesawat itu ada seorang warga negara Filipina?

        8 jadi coba latihlah dirimu agar kamu mengerti pesan yang harus kamu sampaikan, latihlah mengucapkannya agar orang lain (yang berbahasa inggris) bisa mengerti. Cari orang yang kamu percaya dan punya kemampuan bahasa inggris yang memadai, tanpa menunjukkan teks yang akan kamu baca, minta padanya agar mau mendengarkan dan tanyakan apa pengucapanmu bisa dimengerti… berlatihlah terus.

        9 jangan minder misalnya ada yang bilang pengucapan bahasa inggrismu “medok jawane” atau “cadel” atau “melayu”. Para WNA lebih menghargai yang “medok” namun dapat dimengerti ketimbang yang di “aksen-aksenkan” tapi tidak bisa dimengerti. Itu artinya si pramugari perduli pada penumpang (dan menurut saya pribadi lebih, dignified, kenapa harus meyesuaikan dengan lidah mereka, toh kita punya lidah sendiri).

        sukses ya…

      • Juli 2, 2012 8:40 pm

        bener banget ka, kadang wna lebih mengerti bahasa inggris kita yang seadanya ketimbang yang berusaha untuk bisa mengucapkan tanpa latihan yang cukup, sama kaya wna yang bicara bahasa indonesia acak2an,tapi kita mengerti apa yang dia maksud..
        tulisan kaka sangat membantu saya dalam walk in interview dengan bahasa inggris… thx a lot… :)

  2. Michael Ritonga permalink
    Januari 25, 2010 1:40 pm

    Thnks ya…. ats conth yang diberikan… ini bisa jd panduan saya.

    • Januari 25, 2010 2:30 pm

      terima kasih kembali,

      ini sebenarnya lebih cocok dijadikan panduan lepas, situasi sebenarnya selalu bisa berbeda dan tergantung bagaimana anda meresponnya.

      silahkan ditanyakan jika ada yang kurang jelas… :)

  3. rinianggraini permalink
    Februari 16, 2010 12:42 pm

    kalau mau minta modul memperkenalkan teman dalam bahasa inggris boleh gak,, mohon dikirim ke email saya ya!

  4. Februari 19, 2010 10:34 am

    Kalo saya yang memperkenalkan diri gini mas jadinya…

    Senyum
    Jatap mata calon employer lekat-lekat
    Jabat tangannya erat-erat, jangan dilepas
    trus bilang, “Sorry I’m late.”
    Lepas jabatan tangannya.

    hueheh…
    Selain dapat kerjaan, juga berpotensi dapat orangnya sekalian. Hyahahahaha!

  5. Februari 19, 2010 11:00 pm

    hahaha… licik, malah calon employernya yang keringetan tuh!
    tapi… boleh juga, masukan buat yang lagi cari kerja^^ satu kali kayuh, dua tiga pulau terlampaui.

  6. ZAKKA permalink
    April 17, 2010 4:19 pm

    makasih tlah mbantu saya dan skarang sya telah masuk perusahaan KA EP CI sebagai direktur suatu cabang macdonalds

  7. Mei 24, 2010 2:21 pm

    Boleh juga ini buat belajar :D
    eh ada mbak yeo juga ternyata :P

    HIDUP!!! ^_^

    • dea permalink
      April 7, 2011 2:24 pm

      ya lah masa gx kita kan orang pinter

  8. putri permalink
    Juni 24, 2010 6:26 pm

    Minta tolong kak,perkenalan diri dan pertanyaan2 dlm bhs inggris serta cara menjawab pertanyaan yg biasanya ditanyakan saat wawancara di bank,,,,terima kasih,,,^^)

    • Juli 8, 2010 10:44 am

      maaf Putri, saya tidak pernah mengikuti wawancara (lamaran kerja?) di bank sebelumnya, jadi tidak tahu secara spesifik bagaimana bentuk pertanyaan-pertanyaannya. Tapi secara umum sama saja dengan bentuk wawancara lain, tentunya perbanyak pengetahuanmu tentang perbankan, manfaatkan internet untuk riset kecil tentang perbankan dan kantor (bank) yang kamu tuju.

  9. Juni 30, 2010 9:42 am

    ka kalau wawancara bahasa inggris untuk seleksi ke SMP tentang apa saja ya? tolong berikan contohnya ya kakak, jawaban kakak sangat ditunggu…..
    terimakasih

    • Juli 8, 2010 10:49 am

      ada wawancara bahasa inggris untuk SMP?

      mestinya contoh soalnya tidak jauh dari bahan pelajaran bahasa inggris yang kamu dapatkan di sekolah dasar. Seingat saya itu terkait hal-hal dasar seperti kosakata (arti kata) seperti warna, organ tubuh (kepala, dagu, tangan dan sebagainya), nama-nama hari.

      catat semua kosakata yang kamu dapatkan di sd dalam kartu-kartu kecil, selebihnya mestinya, kalaupun ada wawancara, tidak jauh dari pertanyaan seperti siapa namamu, apa hobimu, berapa umurmu, dan sejenisnya.

  10. Juli 5, 2010 5:21 pm

    Kak, kalo gn gmn? Greetings, my name is …., you can call me… , i stay at…street, my hoby is sing a song an listening music, my faforite food is meet ball, my favorite subject is english, because i want speak english with people i other country.,and my dream is i want to school here because i know this school is the best high school in …town., because of that i belive i can get a good quality of education an improve my abality

    • Juli 8, 2010 10:52 am

      ya, itu bisa, dengan pointers berikut:

      – “you can call me…” biasanya dipergunakan untuk bicara dengan orang-orang yang seumuran atau selevel dengan kita, teman sekelas misalnya, untuk pewawancara atau guru lebih baik tidak usah digunakan.

      – “i stay at…” lebih bersifat sementara misalnya kamu nginap di hotel atau kost, untuk tempat tinggal permanen (rumah) gunakan “i live in…”

      – jangan mengatakan “hobi saya adalah menyanyikan sebuah lagu” tapi ‘hobi saya adalah menyanyi” jadi gunakan saja “my hobby is singing…”

      – sisanya saya frasekan seperti ini: my favorite subject is english because I want to be able to speak with people from other countries. I want to join/ enroll in to this school beause I know this is the best high school in… it would help me get quality education and improve my abilities.

      intinya mestinya wawancara bahasa inggris untuk ngelamar smp tidak serumit yang kamu pikirkan, mereka tidak mengharapkan kalian tiba-tiba bisa berbahasa inggris seperti anak-anak yang lahir dan besar di UK kan? Mereka saja biasanya masih bermasalah dengan spelling dan struktur.

      selebihnya coba lihat jawaban saya @Glory

  11. the wihn permalink
    September 25, 2010 4:38 pm

    kk, klo mo introduce pas wawancara kerja gini gmn?
    good day sir/madam my name is… i was born in… i live in… i graduated from…university in 2008 kira2 apalagi yang perlu ditambahin ya??
    fyi: denger2 wawancaranya bakal pake bhs campur2 eng-ina, mhn masukan ya kk
    thx alot….

  12. Oktober 2, 2010 3:38 pm

    Slm kenaL sbLmny kak,peRtengahan bLn ini sy akn mngikuti test wawancara cpns depkeu & mrupakn wawancara krja prtma utk sy krn sy fresh graduate, tLg ksh msukan kak kiRa2 prtnyaan yg biasany diajukan pd saat wawancara cpns ap sja & bgmn jwban yg tepat, trakhr kak bgmna tips agr sy bs lulus test wawancara jka mmakai bhs inggris krn bhs inggris sy terbatas.trims kak sblmnya^^ & mf kbyakn prtnyaannya.GBU.

  13. Oktober 11, 2010 1:47 am

    kk…….makasih…bgus artikelx…

    bisa mnta alamat E-mail.x?

    coz, ada surat lamaran sy dan mau mnta di Cek,gmna penulisannya benar atw tdk….?

    thnks b4

  14. November 10, 2010 11:43 am

    klo misalna ditanya ltar belakng kt memilih prusahaan atau tempat kita bkerja gmn y?

  15. Reza permalink
    November 28, 2010 8:24 pm

    Mau nanya, kalo mau perkenalin diri tapi bukan waktu wawancara, seperti ketemu di jalan dsb. Hal apa saja yang harus disebutkan selain nama dan tempat tinggal?

  16. abdul permalink
    Januari 20, 2011 5:44 pm

    aduh saya kok ga bisa bhs inggris ya ?
    gi mna cranya supaya ngerti see ,pdhal saya udah belajar teus,,,,,,,

  17. Artya permalink
    Januari 27, 2011 11:40 pm

    Thanks a lot…. Web ini sangat membantu sekali untuk saya because pada saat ini saya ada wawancara di perusahaan televisi swasta….!!
    Klo bisa ada tanya jawabnya; si pewawancara dengan yang wawancaranya, jadi lebih specifik..
    :)

  18. isnquisition permalink
    Februari 14, 2011 6:29 pm

    kak,, klau perkenlan dri dlam bahasa inggris yang baik untuk masuk sma unggul gmna ya . . . . . ???

    Blsan.a d’tggu bnget kak ya . . . . .
    Pliese :)

  19. berry nanda sembiring permalink
    Maret 10, 2011 9:54 am

    kk saya mau nanya kalau masuk sma biasanya interview nya susah susah nggak??

  20. Puteri permalink
    Maret 13, 2011 9:42 am

    kak, mau tanya dong, kalo menjadi pramugari ngomong bahasa inggris nya kaya gimana ya? tlg dong kak.. soalnya mw wwncra, tktny ntar salah kl dsuruh memperagai cara ngmg pas dipesawatnya sebelum berangkat..
    kira2 aja..

    mksh kak..

  21. Maret 15, 2011 3:45 pm

    ka kalau tes bahasa inggris untuk seleksi sma tentang pa saja? tolong berikan contohnya, saya tunggu jwbnnya

  22. tisha permalink
    Maret 17, 2011 2:54 pm

    sangat bermanfaat sekali…
    bagi2 tips nya kl bt untuk tes wawancara di bandara gimana y?

  23. tisha permalink
    Maret 17, 2011 3:15 pm

    tolong dibalas yiah, Q sangat butuh sekali kak , contoh wawancara untuk di bandara…makasih ^__^

  24. Maret 25, 2011 3:28 pm

    duh,, mohon ya aku ada praktek bahasa inggris di sekolahku jadi aku mohon ama kalian agar bantuin aku cari bahannya……
    BAHANNYA adalah: tolong buatin aku tex perkenalan diri tapi bahasanya diambil dari bahasa ingris,,
    CONTOHNYA: my name is: andi
    class:
    pokoknya kayak yg di atas. tapi ingat ya isi nya harus ada alamat,kelas,dll
    pokoknya yg menyangkut anak sekolah.

  25. Maret 31, 2011 1:37 pm

    tolong sie post lagi dialognya>??

  26. April 10, 2011 8:16 pm

    ka kalau lagi ujian parktek gimana

  27. Ayu Rafisha Chacha permalink
    April 11, 2011 4:18 pm

    Mkch k’…Bt Postinganny.. MAO tanya,Lw Cara MemPerkenalkan Diri saat ikut Tes beasiswa gmn? ap bhsa ny sm kyk nhe? mkch..

    • April 14, 2011 8:39 pm

      beasiswa kemana? misalnya ke australia sepertinya tidak harus punya bahasa inggris yang mumpuni. Toh biasanya setelah aplikasi beasiswa dapat lampu hijau, malah disuruh kursus bahasa inggris ke ugm…

  28. April 12, 2011 10:46 am

    artikelnya cukup memabntu..thanks

  29. Irma permalink
    Mei 2, 2011 10:53 pm

    Klo wawancara tok dapat beasiswa S2 biasanya gimana?
    mohon bantuannya…….
    kasi contohnya donk….
    kira2x gimana? soalnya saat wawancara ngaruh banget…lulus ato gag

  30. Mei 15, 2011 8:53 pm

    hello there, thanks for ur article.

  31. fahmi permalink
    Mei 17, 2011 8:08 pm

    duch makasich””ea ats semua”ea””””””””””

  32. fahmi nugraha nax saljoe permalink
    Mei 17, 2011 8:09 pm

    thanks”””””by buat nax saljoe mtsn sukamanah klo ingin artikel d situs nich az””””””””””””ök

  33. lola nika permalink
    Mei 23, 2011 10:37 pm

    maaf kak..
    kalo buat wawancara ke stasiun tv gimana aja pertanyaannya? terus kalo ngenalin diri gimana baiknya?

  34. Ezhr Friztqy permalink
    Mei 26, 2011 7:09 pm

    ka, mau nanya ; kalo wawancara bahasa inggris untuk tes beasiswa , sama wawancara bahasa inggris yg nanyain kepribadian yg bagus dan benar kaya gmana ya ka?

  35. dani permalink
    Juni 23, 2011 11:26 am

    kakak, saya saptu mAU di panggil intervew, klo perkenalan diri nya kaya biodata tapi pake b.inggris apa aja ya ka yg di lampirin?? tolong yah ka, di bikin kaya perkenalan diri nya yg simpel aja,, mksh

  36. Juli 13, 2011 8:22 pm

    betul skali,,,,
    bahasa inggris itu memang perlu……

  37. astrid permalink
    September 8, 2011 11:50 pm

    Kak,, untuk yang lebih sopan dari kalimat “you can call me ….” diganti “my nickname is..??” ya??
    Mohon pencerahannya , ,

    • Oktober 2, 2011 6:50 pm

      tidak bisa diganti nick name. saya cukup heran, sepertinya ada guru bahasa inggris yang menyarankan muridnya pakai “nick name” dalam wawancara formal ya?

  38. September 12, 2011 8:21 pm

    mau tanya.. prtanyaan” apaa sja yg biasa di lontarkan saat kita mau tes pramugrari..?? bsa tlong bri thu gak..?? ^_^

    • Oktober 2, 2011 6:53 pm

      maaf, tapi saya tidak tahu pasti bagaimana dan apa-apa saja yang ditanyakan dalam wawancara tes pramugari. Good luck!

  39. September 16, 2011 10:44 pm

    Tulisan yang bagus
    Terima kasih :)
    Sangat membantu

  40. fariz permalink
    September 24, 2011 10:56 am

    kak.. saya mau walk in interview odp bank mandiri..
    kira2 pertanyaannya apa saja ya? dan jawaban yg pas dan sopan seperti apa?
    makasih banyak kak :)

    • Oktober 2, 2011 6:53 pm

      artikel ini dan beberapa reply dari pertanyaan-pertanyaan sebelumnya saya harap bisa membantu.

  41. M. Alsyaif permalink
    September 28, 2011 10:08 pm

    Kak. .tolong d0ng bwtin cntoh memperkenalkan diri-sendiri dlm bhs inggris. . .
    Qu hrap scepatnya di kirim di email qu. . Karna sbntar lg aqu ada praktik memperkenalkan diri-sendiri. .dan jgn lupa terjemahnya juga.
    Thank’s.

  42. Oktober 1, 2011 12:16 pm

    aku suka banget sama bahasa inggris tapi masih lalot…….

    help me pleae……….

  43. Oktober 13, 2011 6:51 pm

    terima kasih kak artikelnya sangat berguna sekali .hehe

  44. Iqbal. permalink
    Desember 18, 2011 1:04 pm

    duh ..gimana ni..
    sabtu 24 desember 2011 tes interview…beri ide la kak…
    al nya belum pernah jlanin interview…
    soal pengenalan diri..
    di tnggu jwaban nya…

    • Desember 18, 2011 3:24 pm

      idenya sudah ada di atas iqbal, tinggal kamu bersiap aja menghadapi berbagai kemungkinan pertanyaan, kalau kamu baru lulus, lihat aja di buku-buku paket bahasa inggris manapun (Sma/kuliah) di awal buku selalu ada dibahas masalah perkenalan yang sebenarnya intinya sama saja.

  45. aldhy permalink
    Maret 26, 2012 7:34 am

    kak, minta tolong dong,
    aku minta contoh pertanyaan pada saat interview sebagai pelayan(waiter) untuk perhotelan,
    kira-kira saja kak…
    thanks..

  46. Anggia Rizki permalink
    Mei 12, 2012 6:12 pm

    kak kalau ditanya visi misi dan alasan masuk sma ini jawabnya gimana kalau ini di bahasa inggrisin “karna sma ini bagus dan tidak terlalu jauh dengan rumah saya”

    • Mei 14, 2012 7:42 am

      because the school is good and not too far from where I live…

      untuk pertanyaan-pertanyaan lain, saya rasa bisa didapatkan jawabannya kalau diperiksa respond-respond saya sebelumnya.

  47. XSADADA permalink
    Mei 20, 2012 10:11 am

    Thanks a lot…. Web ini sangat membantu sekali untuk saya because pada saat ini saya ada wawancara di perusahaan televisi swasta….!!
    Klo bisa ada tanya jawabnya; si pewawancara dengan yang wawancaranya, jadi lebih specifik.. :)

  48. bella febrianty permalink
    Mei 21, 2012 3:49 pm

    kak kalau ditanya visi misi dan alasan masuk smp ini jawabnya gimana kalau ini di bahasa inggrisin “KARENA SEKOLAH INI BAGUS, PUNYA PRESTASI YANG CUKUP BANYAK DAN SAYA INGIN MEMPERLUASKAN ILMU PENGETAHUAN SAYA DI SEKOLAH INI DAN MENERUSKAN GENERASI MUDA” terima kasih sebelumnya . harap di balas dengan cepat.

  49. Mei 27, 2012 9:57 am

    kak bantuin aq donk….. aq mw interview minggu depan……
    perkenalkan diri na menggunakan bahasa inggris….
    tolong aq yaaaaaaa
    makasi

  50. arman permalink
    Mei 29, 2012 8:04 am

    aku mau tanya tentang mendaftar perusaan asing

  51. arman permalink
    Mei 29, 2012 8:06 am

    cara perkenalan tes perusahaan asing perusahaaan pelayaran

    • Mei 31, 2012 1:51 pm

      sama saja mas, sama-sama perkenalan, tapi bisa ditambahkan dengan informasi mengenai pengalaman kerja mas di perusahaan pelayaran juga…

  52. Juni 14, 2012 3:17 pm

    Hi hi mas masih ingat saya?
    Iseng iseng saya liat postingan blog saya di http://simplyasep.blogspot.com/2010/07/jangan-arogan.html eh ada nama dan alamat blog mas

    Kontek kontek ye

  53. hikmah permalink
    Juli 23, 2012 2:52 pm

    contoh interview buat kuliah dlm bahasa inggris kaka???

    • Juli 29, 2012 9:45 am

      yang seperti ini ya harus spesifik, tugas interviewnya temanya apa? yang saya gambarkan disini cuma dasarnya saja.

  54. Serin permalink
    Juli 29, 2012 8:36 am

    kak, saya itu disuruh perkenalan diri.. tapi harus 1 halaman isinya, nah saya bingung mau ditambahi apalagi perkenalannya itu, bisa bantu gak?

    • Juli 29, 2012 9:42 am

      perkenalan diri untuk apa? pekerjaan? kalau satu halaman sepertinya untuk pelajaran yah? kalau seperti itu ya sudah menjadi karangan narasi: kamu menceritakan tentang dirimu sendiri, bukan sekedar detil-detil kecil seperti nama hobby dan sebagainya tapi nama itu bisa di elaborasi lagi menjadi misalnya alasan kenapa kamu diberi nama demikian…

  55. rima permalink
    Oktober 18, 2012 6:40 pm

    kakak…kalo mau interview (by phone) dg pemimpinnya lgsg dan pemimpinnya itu orang asing. kira2 yg di tanyain itu apa aja ya?? makasih..

    • Oktober 20, 2012 4:02 pm

      Bisa apa aja Rima, seringkali berhubungan dengan apa yang bisa kita kontribusikan untuk perusahaannya. Kita tidak bisa menerka, tapi sangat baik jika Rima benar-benar mengerti tentang apa yang Rima bicarakan, kemampuan Rima, dan segala pengetahuan seputar hal-hal tersebut. Mereka terutama sangat memperhatikan tentang apa kita sebagai pribadi bisa berguna sebagai aset bagi perusahaan mereka atau tidak, dan mereka biasanya mempunyai kebutuhan spesifik, tidak rekrut dulu pikirkan posisi kemudian.

  56. Januari 23, 2014 5:57 pm

    kk saya kan baru anak smp kelas9 dan akan lulus dari smp,setelah lulus saya ingin masuk smk pramugari tapi bahsa inggris saya nggak terlalu bagus gimana nhe kk , oya bukan kah nnti kita di sekolah pramugari juga bakalan di ajari bahasa inggri ya,kak?

    • Januari 23, 2014 10:37 pm

      pernah naik pesawat? Bahasa Inggris yang dibutuhkan dari seorang pramugari biasanya adalah bahasa inggris standar sesuai dengan yang diperlukan untuk melaksanakan tugas pelayanannya, dan tentunya itu semua seharusnya diajarkan juga di jenjang pendidikan yang terkait dengan pramugari.

      Anak SMP yang bahasa inggrisnya sempurna mungkin cuma ada di Inggris, Amerika atau Kanada, itupun kadang ngawur juga. Kalau ada teman setaramu yang sepertinya bahasa inggrisnya bagus, belum tentu juga bisa digunakan dalam lingkup profesional, jadi jangan khawatirkan hal itu. Belajar aja terus setiap ada kesempatan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: